Logo letter
Untitled
Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri
about 2 months ago

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri - Bersekolah atau kuliah di luar negeri adalah impian bagi sebagian orang. Namun sayangnya masih banyak yang menganggap biaya belajar di luar negeri itu mahal dan prosesnya tidak mudah. Padahal banyak sekali beasiswa sekolah di luar negeri yang tak perlu menghabiskan biaya pribadi yang besar bahkan gratis.

 

Ada banyak beasiswa luar negeri yang tersedia, lho. Kuncinya, kamu harus lebih giat untuk mencari informasi. Jangan sampai gara-gara tidak dapat cukup informasi dan terkendala biaya pendidikan yang mahal menghambatmu bersekolah di luar negeri.

 

Baca Juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

 

Akan tetapi, meski jumlahnya semakin banyak, tentu saja jangan menyepelekannya karena persaingan antarpendaftar cukup ketat demi memperoleh peluang emas tersebut. Berikut cara mendapatkan beasiswa luar negeri dengan mudah.

 

Cari dan lakukan riset beasiswa luar negeri

 

Jangan malas untuk mencari beasiswa untuk mahasiswa s1 luar negeri, karena sebenarnya hanya kamu yang bisa menemukan beasiswa yang sesuai cocok untuk diri sendiri. Mendapatkan beasiswa luar negeri sama dengan menentukan nasib untuk masa depanmu.

Lakukan riset ke semua beasiswa yang ditemukan dan pelajari seluk beluk, prosedur, dan prasyaratnya. Semakin banyak beasiswa yang dapat ditemukan, memungkinkanmu menemukan beasiswa luar negeri yang tepat.

 

Perlu diketahui terdapat banyak jenis beasiswa yang ditawarkan, seperti beasiswa yang didanai pemerintah, organisasi, universitas, kajian disiplin tertentu, dan sebagainya. Penting untuk mencari tahu jenis beasiswa untuk mendapat kecocokan dengan disiplin ilmu yang kamu daftar.

 

Berwaspadalah terhadap perjanjian-perjanjian kontrak beasiswa karena ada beberapa oknum yang memanfaatkan beasiswa luar negeri untuk modus penipuan. Untuk menghindarinya, diskusikan masalah tersebut kepada dosen atau guru kalian, dan mintalah rekomendasi mereka mengenai beasiswa luar negeri.

 

Tetap belajar dan perluas ilmu

 

Setelah kamu mencatat daftar beasiswa s1 luar negeri apa saja yang diinginkan, kamu juga harus memperluas pengetahuan umum serta dalami bidang ilmu atau jurusan yang ingin didaftar. Hal ini wajib sebagai cara mendapatkan beasiswa di luar negeri.

 

Perbanyak membaca dan berdiskusi untuk berjaga-jaga jika ada beasiswa luar negeri yang mewajibkan pesertanya mewajibkan tes kemampuan dasar, sehingga kamu tidak akan kewalahan menghadapinya.

 

Selanjutnya, asah juga bahasa asingmu. Kecakapan bahasa asing sudah menjadi salah satu syarat mutlak untuk mengajukan beasiswa luar negeri. Umumnya tes bahasa yang digunakan adalah TOEFL (Test of English as Foreign Language) dan IELTS (International English Language Testing System).

 

Semakin tinggi skor kemampuan bahasa asingmu, memperbesar peluangmu melenggang masuk ke sekolah atau universitas impian.

 

Bahasa bukan sekadar syarat pendaftaran saja lho, tetapi menjadi bahasa pengantar kegiatan belajar sekaligus sebagai alat komunikasi sehari-hari jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa luar negeri.

 

Jangan ragu menghubungi penyelenggara beasiswa

 

Selain melalui internet, tak ada salahnya untuk menghubungi penyelenggara beasiswa secara langsung seperti melalui e-mail untuk mendapatkan informasi detail mengenai syarat dan kewajiban yang diperlukan.

 

Selain itu, dengan menghubungi mereka kamu bisa memperoleh berbagai manfaat sekaligus, yakni menunjukkan kamu menaruh minat besar atas beasiswa yang kamu daftar, memberikan kesan bahwa tak takut melakukan inisiatif, dan sebagai cara untuk membuatmu berada dalam radar mereka.

 

Buat CV yang kreatif

 

Jika kamu diminta untuk mengirimkan curriculum vitae (CV), buatlah CV semenarik mungkin. Kamu bisa menuangkan kreativitasmu ke dalam CV namun tetap sesuaikan dengan format yang dikehendaki instansi yang kamu lamar.

 

Tak cuma perihal desain, CV juga harus bersifat informatif supaya asesor mudah mengenal dan menilai dirimu. Sebaiknya sebelum membuat CV, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu format CV yang sesuai untuk kebutuhan pengajuan beasiswa sekaligus kepribadianmu.

 

Aktif dan perbanyak portofolio

 

Meski nilaimu sudah tinggi dan memenuhi standar persyaratan beasiswa, atau CV sudah didesain semenarik mungkin, itu semua belum pasti menentukan apakah dapat dengan mudah memperoleh beasiswa yang diinginkan.

 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Beasiswa

 

Sebaiknya sebelum mengejar beasiswa, kamu juga memperkaya portofolio di dalam CV dengan mengikuti berbagai kegiatan, seperti organisasi kampus, aktif mengikuti perlombaan dan seminar.

 

Selain itu bisa juga kegiatan di luar kampus seperti berwirausaha, menjadi relawan, dan sebagainya. Tapi jangan sampai kesibukan tersebut tersebut mengganggu nilai dan menyita waktu kuliah kamu.

 

Belajar menulis esai

 

Sebenarnya beberapa lembaga yang memberikan beasiswa luar negeri tidak mewajibkan pelamarnya menulis esai sebagai syarat mendapatkan beasiswa. Akan tetapi jika kamu melampirkan esai di dalam portofolio CV, tentu akan mendapat nilai lebih.

 

Esai bisa berisi pengalaman menonjol apa yang pernah dilakukan, kehidupan dan aktivitas kampus yang dijalani, dan jangan lupa beri argumen kuat mengapa kamu pantas mendapatkan beasiswa itu.

 

Syukur-syukur jika kamu sudah memiliki proyeksi dan rencana mengenai jurusan yang kamu lamar. Melalui esai pribadi yang kamu buat, asesor akan menilaimu sebagai pribadi yang positif dan produktif. Menunjukkan kemampuan yang tidak diminta adalah salah satu cara menonjolkan diri.

 

Perbaiki gaya bicara

 

Proses penyaringan beasiswa luar negeri memiliki tahap yang berbeda-beda. Setelah berhasil lolos tahap administrasi, biasanya tahapan selanjutnya adalah interview atau tes wawancara. Di tahapan ini kamu akan berhadapan langsung dengan banyak pihak. Tak sedikit orang yang gagal pada tahap ini karena grogi atau kurang percaya diri.

 

Oleh karena itu, sebelum menjalani tes wawancara, sebaiknya kamu memperbanyak latihan berbicara yang benar agar terbiasa dan tidak kaget. Bekali juga dirimu dengan informasi tentang bidang studi yang kamu pilih, sehingga kamu bisa memberikan jawaban yang matang atas pilihan jurusan.

 

Baca Juga : Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

 

Pada akhirnya, yang paling penting adalah fokus, luangkan waktu, curahkan tenagamu, dan ikuti langkah di atas sebagai cara mendapatkan beasiswa luar negeri. Jangan takut mencoba dan jangan hanya bergantung pada satu beasiswa. Sebar sebanyak mungkin dan yakinlah bahwa kamu bisa mendapatkannya.

Posted in:
Read Further
21/11/2019
Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat
27/10/2019
9 Alasan Kenapa Anda Harus Kuliah